Jumat, 06 Februari 2009

konfigurasi jaringan berbasis windows 2000

. Jumat, 06 Februari 2009

Ini artikel pertama saya dan mungkin kurang berkualitas.Mudah2an bisa di trima.Mengkonfigurasikan jaringan dalam komputer klien adalah langkah sebelum mulai menggunakan jaringan.Dalam konfigurasi komputer klien,ada dua hal yang harus diperhatikan.

pertama penentuan jenis protokol yang akan di pasang di setiap komputer lalu langkah kedua adalah instalasi protokol dan konfigurasi alamat setiap komputer.Langkah ke tiga adalah mengconfigurasikan geteway atau proxy server dalam aplikasi internet.Langkah ini perlu dilakukan apabila klien boleh mengakses internet.

Penentuan protokol jaringan

Sebelum menginstall protokol jaringan perlu di ketahwi bahwa dalam komunikasi jariang LAN berbasis sistem Windows (win9x,NT,2000,XP) biasanya dipakai protokol NetBEUI.Ini merupakan penyempurnaan dari protokol NETBIOS yang dipakai oleh sistem operasi jaringan.Protokol ini bersifat non-routable ,artinya tidak dapat menghubungkan komputer dalam segmen jaringan yang berbeda.

Protokol NetBEUI akan di Install secara default saat men-konfigurasikan jaringan dalam Windows.Namun jika ingin mengkoneksikan jaringan klien jaringan ke Internet tidak menggunakan NetBEUI namun menggunakan protokol TCP/IP.Selain di gunakan mengkoneksikan jaringan ke internet TCP/IP juga bisa digunakan untuk LAN.Khusus untuk keperluan LAN tersedia sekelompok IP yang telah di sediakan ,yakni kelompok 10.x.x.x,172.16.x.x serta 192.168.x.x.Huruf "x" dalam setiap kelompok alamat diganti dng angka yang bernilai antara 1 sampai 254.

Instalasi Protokol Jaringan

1.Klik kanan icon Network neighborhood(win 9.x) atau my network place (win 2000) pada desktop.Setelah itu pilih properties.

2.Akan muncul windows network dan Dial UP conection.Pilih properties pada jaringan anda.

3.Pilih pilihan Internet protokol TCP/IP,Lalu klik properties.(Jika ada dua pilihan TCP/IP,pilih yang menuju kartu jaringan.)Setelah itu pilih tab general pilih pilihan use the following IP Address.Tidak boleh 2 atau lebih komputer menggunakan alamat IP yang sama.Bisa menggunakan alamat 192.168.0.3 ,192.168.0.4 dan seterusnya.sebaliknya masukkan nilai sama pada subnet mask untuk setiap komputer.Jadi komputer server,komputer klien pertama,kedua dan ketiga menggunakan subnet mask yang sama,misalnya 225.225.225.0

4.Setelah tombol OK,Anda akan kembali ke jendela configurasi Local Area Network conection properties.Klik pilih file dan printer sharing.Jika belum ada pilihan tersebut maka haru di-Intall terlebih dahulu.

5.Mengisikan Identification bagi komputer kita.klik kanan pada icon my network place lalu pilih properties.Pada menu toolbar,pilih network identification.

6.Pada jendela network identification ,klik pilih properties.lalu isikan nama komputer yang di inginkan.Pada bagian workgroup,isikan nama workgroup yang di inginkan.Nama komputer harus berbeda namun nama workgroup haruslah sama.Setelah itu OK.

7.Windows akan secara otomatis akan meng-install file-file yang akan di perlukan.setelah itu mungkin proses restart akan dilakukan.Ulangi langkah-langkah ini setiap komputer yang yang akan dihubungkan ke LAN.
Setelah komputer di restart ,maka akan muncul jendela yang akan meminta anda login.masukkan user dan password seperti yang anda telah lakukan atur sebelumnya.Pada windows 2000 system akan secara otomatis mendetec seluruh jariang komputer yang telah di buat sebelumnya.

Gateway

Gateway berfungsi untuk sebagai penghubung LAN yang berbeda segmen atau kelasnya.Apabila dalam LAN terdapat lebih dari 1 workgroup ,maka untuk dapat melakukan koneksi ke komputer yang terhubung di dalam lan tetapi berlainan workgroup dengan cara FIND----> Isikan Komputer Nama --> Atau IP address komputer tersebut.

mohon maaf jika kualitas atau penulisan ini ada yang salah.Terimakasih.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
javanese annuity
Contact info submission url: oookezone.blogspot.com/ site_owner: address1:pepe rt 03 trirenggo address2: city: bantul state: yogyakarta country: indonesia postal_code: 55714 phone_number: +62817277309 display_email: site_name: oookezone site_description: javanese annuity
my blog about javanese annuity and tutorial all oookezone
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com